Ada Tarif Ngurus SKCK di Mojokerto

05/07/10
Mojokerto.web.id - Ada Tarif Ngurus SKCK di Mojokerto. Jika sebelumnya pengurusan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) tak dipungut biaya, sejak hari ini (5/7), Polres Mojokerto mulai menerapkannya. Hal itu, mengacu pada pemberlakukan PP Nomor 50 tahun 2010 tentang jenis dan tarif atas penerimaan negara bukan pajak yang berlaku pada kepolisian.

Kasat Intelkam Polres Mojokerto, Iptu Imam Sholikhin saat dikonfirmasi membenarkan adanya penetapan tarif tersebut. Dikatakannya, tarif itu diterapkan setelah pihaknya mendapat telegram rahasia (TR) dari jajaran Polda Jatim. ''Sebelumnya memang sudah ada PP yang turun. Tapi kami tidak berani memasang tarif itu karena belum ada TR,'' ungkapnya.

Namun, sejak akhir pekan lalu, perintah tersebut sudah turun dan bisa langsung diterapkan secepatnya. ''Dalam waktu dekat akan kita terapkan. Paling tidak, Senin-lah,'' imbuhnya.

Tarif setiap lembar pengurusan SKCK, nantinya akan dikenakan biaya sebesar Rp 10 ribu. ''Memang murah. Tapi kalau masyarakat tidak tahu, nantinya dikira Polres yang membuat penarikan itu,'' ujar Kasintel. Dengan adanya penerapan PP tersebut, ia sangat mengharap agar masyarakat memahami pentarifan yang diterapkan itu.

Selain SKCK, kenaikan serupa juga terjadi di pembuatan ijin sejata api. Namun, Imam enggan menjelaskan lantaran pihaknya hanya berhak memberikan rekomendasi saja. Sedangkan, ijin membawa senjata api itu murni wewenang Polda Jatim.

Tak hanya SKCK yang bertarif. Harga SIM yang biasanya hanya Rp 75 ribu setiap pembuatan baru, kini juga berganti tarif. Bahkan, kenaikan terbesar ada di pembuatan SIM jenis A, BI, dan BII dengan harga Rp 120 ribu atau naik sebesar 60 persen.(ron/yr) (jawapos.co.id)
Bookmark and Share

Tulisan Terkait Lainnya



0 komentar:

Poskan Komentar

Jangan Lupa Tinggalkan Komentar Untuk Berita Mojokerto Di Atas. Terima Kasih !

 
 
 

Arsip

 
Copyright © Mojokerto.web.id Oleh Cak Rohman